RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP 3.2 DAN 4.2)
Satuan
Pendidikan : SMP NEGER 226 DKI Jakarta
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
KD :
3.2 dan 4.2
Kelas/semester : VII/Ganjil
Alokasi
Waktu : 8 pertemuan (16 JP)
A. Kompetensi Inti ( KI)
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah,
mengkaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dang mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
- Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KD
|
Indikator
|
3.2.
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosa kata terkait
hubungan keluarga; pronoun (subjective,
objective, possessive)
|
3.2.1
Mengidentifikasi fungsi sosial dari ungkapan
perkenalan diri sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.2.2
Mengidentifikasi struktur teks dari ungkapan
perkenalan diri sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.2.3
Mengidentifikasi unsur kebahasaan dari ungkapan perkenalan diri sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.2 menyusunteks interaksi transaksional
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dansesuaikonteks
|
4.2.1 Menyusun teks lisan sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dansesuaikonteks
4.2.1 Menyusun teks tulis sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuaikonteks
|
Focus penguatan
karakter: Jujur dan percaya diri
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran pada pertemuan pertama, peserta didik dapat:
1. Menyebutkan ungkapan-ungkapan yang digunakan
dalam pemaparan jati diri.
2. Menirukan
ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam pemaparan jati diri.
3. Menuliskan
pertanyaan yang digunakan untuk menanyakan tentang jati diri.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran pada pertemuan pertama, peserta didik dapat:
1. Menjawab
pertanyaan tentang pemaparan jati diri.
2. Menjodohkan
interrogative sentence dalam simple present tense dengan jawabanya.
Pertemuan ketiga
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran pada pertemuan pertama, peserta didik dapat:
1. Menyebutkan
anggota keluarga yang dimiliki.
2. Menggunakan
pronoun yang tepat untuk memperkenalkan anggota keluarganya.
Pertemuan keempat
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran pada pertemuan pertama, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi
preposition (in, at, on and from).
2. Menyebutkan
vocabulary work places, hobbies.
3. Menyebutkan
alamat tempat tinggal mereka.
Pertemuan kelima
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran pada pertemuan pertama, peserta didik dapat:
1. Menganalisis
gambar vocabulary tentang profesi seseorang dan work placesnya.
2. Mempresentasikan
hasil analisinya kepada kelompok lain.
Pertemuan keenam
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran pada pertemuan pertama, peserta didik dapat:
1. Melengkapi
rumpang tentang pemaparan jati diri (pronoun, verbs, prepositions, work places,
professions, hobbies).
2. Menjawab
pertanyaan seputar jati dirinya dan anggota keluarga.
3. Menyusun
dialog yang susunanya belum beraturan.
Pertemuan
ketujuh
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran pada pertemuan pertama, peserta didik dapat:
1.
Membuat dialog
berdasarkan role card/situasi yang diberikan.
2.
Menampilkan bermain
peran tentang pemaparan jati diri dengan percaya diri.
Pertemuan
kedelapan
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran pada pertemuan pertama, peserta didik dapat:
1.
Membuat dialog
berdasarkan role card/situasi yang diberikan.
2.
Menampilkan bermain
peran tentang pemaparan jati diri dengan percaya diri.
- Materi
Pembelajaran
Tema : THIS IS ME
1. Materi
pembelajaran regular
n Question and
answer about self identity
n Name
n Nickname
n Address
n Profession/Job/
Occupation
n School
n Date of Birth
n Age
n Religion
n Nationality
n Height
n Weight
n Sibling
n NAME
Question
n What is your
name?
n What is your
full name?
Answer
n My name is Zikri
n Nickname
Question
n How do I call
you ?
n What is your
nickname ?
Answer
n Call me Zik
n My nickname is
Zik
n Address
Question
Where do you live ?
Where is your address?
Answer
I live at Jln. Margasatwa No. 2 Pondok
Labu, South Jakarta
n Profession/Job/Occupation
Question
n What are you ?
n What do you do?
n What is your
job/occupation/profession?
Answer
n I am a student
n My job is a
student.
n School
Question
n Where do you
study ?
n Where is your
school ?
Answer
n I study at
Junior High School Number 96 Jakarta
n Date of Birth
Question
n When were
you born ?
Answer
n I was born on
November 9 1994
n Age
Question
n How old are you
?
n What is your
age?
Answer
n I am 12 years
old
n My age is 12
years old.
n RELIGION
Question
n What is your
religion?
Answer
n I am a muslim
n NATIONALITY
Question
n What is your
nationality ?
Answer
n I am an
Indonesian
n Height and
Weight
Question
n How tall are you
?
n What is your
weight ?
Answer
n I am 140 cm tall
n I am 35 kg
n Sibling
Question
n How many brother
and sister do you have?
n What is your
hobby?
n What is your
father’s name
n What is your
mother’s name?
n What is your
father’s job?
n What is your
mother’s job?
Answer
n I have one
brother and no sister
n My hobby is
watching TV
n My father’s ….
n My mother’s ….
n My father’s ….
n My mother’s a
housewife
·
Fungsi
Sosial
Berkenalan,
memperkenalkan diri sendiri/orang lain
·
Struktur
teks
-
Memulai
-
Menanggapi
(diharapkan/diluar dugaan)
·
Unsur
kebahasaan
-
Sebutan
anggota keluarga inti dan yang lebih luas dan orang-orang dekat lainnya
-
Verba:
Be, Have, Go, work, Live (dalam simple present tense)
-
Subyek
pronoun : I, You, We, They, he, She, It
-
Kata
ganti possessive: My, your, His, Her, dsb
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
: deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga: ayah, ibu, kakak, adik,
yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
2.
Materi
pembelajaran pengayaan
-
Verba:
Be, Have, Go, work, Live (dalam simple present tense)
-
Kata
ganti possessive: My, your, His, Her, dsb
3.
Materi
pembelajaran remedial
-
Verba:
Be, Have, Go, work, Live (dalam simple present tense)
- Kegiatan
pembelajaran
1.
PERTEMUAN
PERTAMA (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
a.
Mengamati
Peserta
didik mengamati teks tentang jati diri seseorang. Teks yang diamati oleh
peserta didik berupa teks tertulis dan audio visual
b.
Menanya
Peserta
didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait
dengan jati diri seseorang tersebut
c.
Mengumpulkan informasi-menalar-mengomunikasikan
d.
Mengasosiasi
e.
Mengkomunikasikan
|
60 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
|
10 Menit
|
2.
PERTEMUAN KEDUA 2 JP
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.Guru
memberi salam (greeting).
2.Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3.Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.Guru
memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional.
5.Guru
mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
6.Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
7.Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
|
60 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya.
2. Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3. Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
4. Peserta
didik dan guru mengucapkan salam penutup.
|
10 Menit
|
3.
PERTEMUAN KETIGA 2JP
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.Guru
memberi salam (greeting).
2.Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3.Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.Guru
memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional.
5.Guru
mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
6.Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
7.Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
a. Mengamati
1.
Peserta didik mendengarkan dan menyaksikan guru yang sedang membacakan sebuah teks
berjudul ‘alphabeth’
2.
Peserta didik mengikuti.
b.
Menanya
c.
Mengumpulkan Informasi
1. Peserta
didik menulis identitasnya dengan nama samaran
2. Peserta
didik menulis jawaban
pertanyaan dari guru.
d. Mengasosiasi/Mengolah Informasi
1.Peserta didik
menyusun identitas samara dalam sebuah kartu.
|
60 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran
dan manfaat-manfaatnya.
2. Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3. Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
4. Peserta
didik dan guru mengucapkan salam penutup.
|
10 Menit
|
3.
PERTEMUAN KEEMPAT 2JP
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.Guru
memberi salam (greeting).
2.Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3.Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.Guru
memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional.
5.Guru
mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
6.Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
7.Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
d. Mengomunikasikan
1. Peserta didik menulis dengan tepat
identitas yang didengarnya
dengan tepat
|
60 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
2. Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3. Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
4. Peserta
didik dan guru mengucapkan salam penutup.
|
10 Menit
|
5.
PERTEMUAN KELIMA 2JP
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.Guru
memberi salam (greeting).
2.Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3.Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.Guru
memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional.
5.Guru
mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
6.Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
7.Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
a.
Mengamati
1.Peserta
didik mengamati sebuah gambar tentang ‘Family Member’.
2.Peserta didik mencermati hubungan antar anggota
keluarga.
3.Peserta didik memperhatikan contoh kalimat yang
menyatakan hubungan antar anggota keluarga.
4.Peserta
didik menemukan dan mengungkapkan beberapa kata dengan menyebut aspek apa (what), bagaimana (How), serta yang
mana (which)
dengan panduan guru.
b. Menanya
1.Peserta
didik menanyakan pola-pola kalimat yang digunakan dalam mengungkapkan gambar
dengan pertanyaan pengarah dari guru.
2.Peserta
didik menanyakan cara menggunakan pola kalimat, unsur kebahasaan lain dan
struktur teks untuk .
c. Mengumpulkan Informasi
1.Peserta
didik menginventarisasi kosa kata yang dipergunakan dalam menanyakan dan
menyatakan hubungan antar keluargadengan
membuat family tree.
2.Peserta
didik mengidentifikasi pola kalimat yang dipergunakan dalam mengatakan dan
menyatakan hubungan antar keluarga.
3.Peserta
didik menemukan struktur teks yang dipergunakan untuk menanyakan dan
menyatakan hubungan antar keuarga.
d. Mengasosiasi/
Mengolah informasi
1.Peserta
didik bekerja berkelompok menyusun
teks tentang anggota keluarga dengan bantuan family tree yang dibuat.
2.Peserta
didik secara berkelompok menentukan beberapa kalimat dengan pola yang sesuai
untuk menyatakan hubungan antar
keluarga.
3.Peserta
didik bekerja dalam kelompok menentukan fungsi sosial teks yang dipergunakan
untuk menyatakan hubungan antar
keluarga.
|
60 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2. Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3. Peserta
didik menerima tugas mandiri untuk menuliskan silsilah mereka sendiri sebagai
tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
4. Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
5. Guru
dan siswa mengucapkan salam perpisahan.
|
10 Menit
|
5. PERTEMUAN KEENAM 2JP
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.Guru
memberi salam (greeting).
2.Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3.Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik
untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.Guru memberi motivasi
belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional.
5.Guru mengajukan pertanyaan tentang
kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
6.Guru menjelaskan
tentang tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai.
7.Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
e. Mengomunikasikan
1.Peserta didik
mempresentasikan teks yang
telah mereka
susun yang berhubungan dengan anggota keluarga.
2.Peserta
didik mempresentasikan kesimpulan mereka tentang
struktur dan fungsi sosial teks.
3. Peserta
didik dari kelompok lain diberi kesempatan mengajukan pertanyaan,
mengklarifikasi atau mengonfimasi presentasi dengan bantuan guru.
4. Peserta
didik menempelkan family tree yang dihasilkan di dinding.
|
60 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2. Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3. Peserta
didik menerima tugas mandiri untuk menuliskan silsilah mereka sendiri sebagai
tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
4. Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
5.
Guru dan siswa
mengucapkan salam perpisahan.
|
10 Menit
|
7. PERTEMUAN KETUJUH 2JP
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1.Guru
memberi salam (greeting).
2.Guru
memeriksa kehadiran siswa.
3.Guru
menyiapkan peserta didik
secara psikis dan
fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.Guru
memberi motivasi belajar
siswa secara kontekstual
sesuai manfaat dan aplikasi
materi ajar dalam
kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional.
5.Guru
mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan
materi yang akan dipelajari.
6.Guru
menjelaskan tentang tujuan
pembelajaran atau kompetensi
dasar yang akan dicapai.
7.Guru
menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
a. Mengamati
1.
Peserta didik mendengarkan dan menyaksikan mapping tentang diri seseorang
b. Menanya
1.
Peserta didik menanyakan cara menggunakan melengkapi mapping tetang diri
seseorang kata dengan benar.
c. Mengumpulkan Informasi
1. Peserta
didik mengumpulkan informasi untuk melengkapi tentang
dirinya sendiri
d. Mengasosiasi/Mengolah Informasi
2.Peserta didik
menulis mapping tetang dirinya sendiri.
|
60 Menit
|
8. PERTEMUAN KEDELAPAN 2JP
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
1. Guru
memberi salam (greeting).
2. Guru memeriksa kehadiran siswa.
3. Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
4. Guru memberi motivasi
belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh
dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional.
5. Guru mengajukan pertanyaan tentang
kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
6. Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang
akan dicapai.
7. Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
|
e. Mengomunikasikan
1. Peserta
didik menampilkan
mapping dirinya sendiri
|
60 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Peserta
didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2.
Peserta
didik dan guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.
Peserta
didik menerima tugas mandiri untuk menuliskan silsilah mereka sendiri sebagai
tindak lanjut kegiatan pembelajaran.
4.
Peserta
didik memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk
pertemuan berikutnya.
5.
Guru dan
siswa mengucapkan salam perpisahan.
|
10 Menit
|
- Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Tehnik
Penilaian
·
Sikap :
Observasi
·
Pengetahuan :
Penugasan
·
Keterampilan : Praktik dan Project
2. Instrumen
penilaian
NO.
|
INDIKATOR
|
TEKNIK/BENTUK PENILAIAN
|
|
Disajikan sebuah teks
tentang jati diri, siswa dapat menentukan fungsi sosialnya dengan benar.
|
Tes tulis
|
|
Disajikan sebuah formulir biodata, siswa dapat
melengkapi biodata sesuai
dengan identitasnya.
|
Tes tulis
|
|
Disajikan sebuah kata yang diacak, siswa dapat menyusun menjadi kalimat
yang padu
|
Tes tulis
|
|
Disajikan
4 kartu yang berisi ‘members of family’ untuk dipilih masing-masing peserta
didik. Dengan menggunakan kartu tersebut, peserta didik diminta untuk menceritakan
jati diri salah satu anggota keluarga yang dipilihnya
|
Tes lisan
|
3.
Rubrik Penilaian dan Pedoman Penskoran
Rubrik untuk
penilaian Keterampilan (Praktik)
ASPEK
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
Pronunciation
|
·
Sangat jelas sehingga
mudah dipahami
·
Mudah dipahami
meskipun pengaruh bahasa ibu dapat dideteksi
·
Ada masalah
pengucapan sehingga pendengar perlu
konsentrasi penuh
·
Ada masalah
pengucapan yang serius sehingga tidak bisa dipahami
|
(89 – 100)
(76-88)
(61-75)
(0-60)
|
Grammar
|
·
Tidak ada atau
sedikit kesalahan tatabahasa
·
Kadang-kadang ada
kesalahan tetapi tidak mempengaruhi makna
·
Sering membuat kesalahan
sehingga makna sulit dipahami
·
Kesalahan tatabahasa
sangat parah sehingga tidak bisa dipahami
|
(89 – 100)
(76-88)
(61-75)
(0-60)
|
Vocabulary
|
·
Menggunakan kosakata
dan ungkapan yang tepat
·
Kadang-kadang
menggunakan kosakata yang kurang tepat sehingga harus menjelaskan lagi
·
Sering menggunakan
kosakata yang tidak tepat
·
Kosakata sangat
terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
(89 – 100)
(76-88)
(61-75)
(0-60)
|
Fluency
|
·
Sangat lancar.
·
Kelancaran sedikit
terganggu oleh masalah bahasa
·
Sering ragu-ragu dan
terhenti karena keterbatasan bahasa
·
Bicara terputus-putus
dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi.
|
(89 – 100)
(76-88)
(61-75)
(0-60)
|
Performance Rubric:
No
|
Name
|
Aspect
|
Total
Score
|
Nilai
|
|||
Pronunciation
|
Fluency
|
Grammar
|
Vocabulary
|
||||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
Keterangan
Skor:
Skor
maksimal: 100 x 4 = 400

4
3. Pembelajaran
remedial
Siswa yang
belum mencapai KKM diberi kegiatan remedial dengan mendengarkan dan menirukan teks
deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan
deskripsi orang, binatang, dan benda fungsi sosial, struktur, unsur kebahasaan
4. Pembelajaran pengayaan
Siswa yang
memperoleh nilai diatas KKM diberi pengayaan dengan mencari gambar dan
mendeskripsikannya untuk mempromosikan, mengenalkan atau mengkritisi
- Media/alat,
Bahan dan sumber Belajar
1. Media/Alat :
Video, laptop, LCD
2. Bahan : Realia, gambar berbagai orang,
binatang dan benda
3. Sumber Belajar : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Bahasa
Inggris, When English Rings The Bell, SMP/ Mts Kelas VII, hal 146 sd 163
Mengetahui Jakarta, 19 Juli 2016
Kepala SMP SMPN 226 Jakarta Guru Mata Pelajaran
Suharnanto,
MM Fitra Hayati, S Pd.
NIP. 196302021989031006
NIP.
197012061997032002
ULANGAN HARIAN
KEDUA
KD : 3.2
KELAS : VII
Choose
a, b, c, or d as your best answer!
1.
Nisa : “Hello, I’m Nisa.”
Dian :
“Hi, I’m Dian”
Nisa :
“………”
Dian :
I live at Jl. Veteran 71”
a.
How
do you do ?
b.
Where
do you live?
c.
Where
are you ?
d.
How
are you?
2.
A : “…..”
B : “Good bye”
- Hi, nice to see you!
- Nice to meet you
- Good morning!
- Well, I’ve got to you, bye
3. Indra : Father, this is my teacher, Mr.
Abas.
Mr. Amin :
How do you do, Mr. Abas?
Mr. Abas
: ……Mr. Amir?
Mr. Amir
: Thanks for you coming at my son’s
a.
How
are you?
b.
How
is everything
c.
How
do you do?
d.
I’m
fine thank
4.
A. : Who are you?
B. : …………..
A. I am Rina. C. That is Rina.
B. This is Rina. D. There is Rina.
5.
A. : Where do you live?
B. :
I live………
a.
On
Bandung.
b.
In
4 Jalan Mangga.
c.
At
Sukabumi.
d.
In
Solo.
6.
Ahmad : Hi, my name is Ahmad.
Hilman :
Hi, I’m Hilman. I’m twelve years old……
Ahmad :
I’m twelve too.
a.
Where
are you from?
b.
How old are you
c.
How
do you do?
d.
Where do you live?
7.
Ina : “Budi, this is Rani, my cousin.”
Budi : ‘’How do you do?’’
Rani : “……’’
- I’m fine
- How do you do?
- How are you?
- Very well, thank you.
8.
Rudi : Hi, Edi. This is my
wife, Yeni.
Edi : How do you do?
Yeni : ……
a.
I’m
fine, thank you.
b.
How do you do?
c.
I
do apologize
d.
Are you Rudi’s wife
9.
Agus: Hi, Destri! How do you do?
Destri: Fine, thank you and you?
Agus: Very well,
thanks, It’s nice to see you Destri
Destri:
Nice to see you too, Agus
Agus: Did you
come here with somebody?
Agus: Why don’t you join us?
The underline words express……
a. Greeting c.
Apologizing
b. Introducing d. Leave taking
10.
Diana : Arni, I don’t think you’ve
met, Agus this is Arni
Agus :
Hello, Arni.
Arni : Hi, Agus.
The italic utterace above means that…..
A. Arni apologized
B. Arni was taking a leave
C. Diana invited Arni and Agus
D. Diana introduced Arni to Agus
11.
This is a girl. … is the member of my family.
a. her b. hers c.
she d. they
12.
Agus :
Are there children at home?
Lusi
: No, … are not
a. they c.
their
b. them d.
us
13.
Ega :
Are there any boys on the street?
Dian
: Yes,….. are
a. their c.
them
b. they d.
it
14.
There is a hill in that village some people like to hike …
a. their c.
us
b. it d. its
15.
There is a young man here. …is a student.
a. he c. she
b. boys d. an aunt
16.
The cats are crossing the road. … are on the danger.
a. they c.
them
b. their d.
we
17.
Marlta and I are friends. … were classmate in junior high school.
- I c.
you
- they d. we
18.
Astri and Tomi are in the classroom. The teacher asks … to go to library
a. us c.
them
b. you d. he
19.
There are some students the yard…. are playing marbels.
a. it c.
they
b. you d.
we
20.
Mr. Suharnanto is our headmaster. …. House is in Bintaro.
a.
her c. he
b.
his d. she
II.
Write a short text at least 10 sentences about:
- your name
- your age
- your school
- your address
- your hobby
- your religion
- your nationality
- your favorites
- your father
- your mother
II.
Rewrite this text and fill in the blank with appropriate pronoun!
MY
FAMILY
My family has four members : they are I,
my sister, my mother and of course …(1) father.
My mother is 40 years old. …(2) name is Suhartati.
She is not tall but she is not short. She has a round face, brown
eyes, wavy black hair. Her skin color is light brown and
she has a beautiful smile. … (3) is very kind person.
My father, Hartanto is 3 years older than … (4)
mother. He is 43 years old. In his age he still has black hair
with several white hair. … (5) has brown eyes and an oval
face. He is quite tall and …(6)
skin color is brown. He is hard working.
Finally, my sister Silvia Vivi Devi Anti is 2 years
younger than … (7). She is 13 years old. … (8) has brown eyes,a round
face, wavy black hair. … (9) skin color is light brown and she
is very diligent.
I love … (10) family very much.
LEMBAR KERJA
I.
WRITE YOUR PESRONAL IDENTITY
n Name
n Nickname
n Address
n Profession/Job/
Occupation
n School
n Date of Birth
n Age
n Religion
n Nationality
n Height
n Weight
n Sibling
II.
WRITE A DIALOGUE TO FIND YOUR FRIEND’S PERSONAL IDENTITY
III.
FILL IN A CARD OF YOUR PERSONAL IDENTITY
IV.
WRITE A TEXT BASED ON YOUR FAMILY TREE
V.
MAKE A MAP OF YOUR FAMILY
Thank you that's a very good rpp
BalasHapusThank you :)
BalasHapusLiza is (qucik) she walks
BalasHapus