RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP KD 3.1
DAN 4.1)
Satuan
Pendidikan :SMP Negeri 226 DKI Jakarta
Mata Pelajaran :Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 6 x
pertemuan (12JP)
A. KOMPETENSI INTI :
1. Menanggapi dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Menghargai perilaku ( jujur,
disiplin,tanggungjawab, peduli, santun, rasa ingin tahu, percaya diri, toleran,
motivasi internal, hidup sehat, dan ramah lingkungan) dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya)
3. Memahami pengetahuan( factual, konseptual, dan
procedural) dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan
wawasan keagamaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomina dan kejadian
yang tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji berbagai
hal dalam ranah kongkret ( menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.
B.
KOMPETENSI DASAR
3.1. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, serta responsnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1. Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan,
pamitan, ucapan terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dansesuaikonteks.
C. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KD
KD
|
Indikator
|
|
3.1. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf,
serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.1.1.
|
Memahami
teks menyapa berpamitan, berterimakasih,
dan meminta maaf serta menanggapinya, sesuai dengan konteks
penggunaannya dan fungsinya
|
3.1.2
|
Memasangkan
dan membedakan ungkapan yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, dan
meminta maaf serta menanggapinya.
|
|
3.1.3
|
Menentukan
ungkapan yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, dan
meminta maaf serta menanggapinya.
|
|
3.1.4
|
Menerapkan
ungkapan yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, dan
meminta maaf serta menanggapinya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
|
4.1. Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis
sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan,
mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar
dansesuaikonteks
|
4.1.1
|
Menerapkan
ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih, dan meminta maaf serta
dengan memperhatikan fungsi sosial dan struktur teks yang tepat.
|
4.12
|
Menyusun
dan menampilkan sebuah ungkapan ungkapan menyapa, berpamitan, berterimakasih, dan
meminta maaf serta menanggapinya dengan memperhatikan unsur
kebahasaan yang tepat.
|
Focus penguatan karakter : Santun
dan percaya diri
A. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik:
1. terampil
dan mampu mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan berkenaan dengan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan menyapa dan pamitan
Pertemuan
kedua
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. terampil
dan mampu menyusun teks sapaan dan pamitan sesuai dengan konteks penggunaannya.
Pertemuan
ketiga
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. terampil
dan mampu mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan berkenaan dengan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan berterima kasih dan
permintaan maaf,
Pertemuan
keempat
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. terampil
dan mampu menyusun teks berterima kasih dan permintaan maaf sesuai
dengan konteks penggunaannya.
Pertemuan
kelima
Pada akhir pembelajaran, peserta didik terampil
dan mamp
1.
membuat sebuah teks
tulis dan lisan tentang tindakan menyapa, berpamitan, berterima kasih dan
meminta maaf
2.
Menampilkan role-play berkenaan dengan tindakan
menyapa, berpamitan, berterima kasih dan meminta maaf
Pertemuan
keENAM
Pada akhir pembelajaran, peserta didik terampil
dan mamp
1.
membuat sebuah teks
tulis dan lisan tentang tindakan menyapa, berpamitan, berterima kasih dan
meminta maaf
2.
Menampilkan role-play berkenaan dengan tindakan
menyapa, berpamitan, berterima kasih dan meminta maaf
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Materi Pembelajaran Regular
a. GREETING
(SAPAAN)
- Hi
-
Hello
-
Good Morning
-
Good Afternoon
-
Good Evening
n Respone
- Hi
- Hello
- Good Morning
- Good Afternoon
- Good Evening
b. ASKING CONDITION
n Asking Condition
- How
are you?
- How
is life?
- How
are things?
- How
is everything with you ? For friends/
less formal
n Respone
- I’m
fine, thank you
-
Very well, thank you
-
Good
-
Thanks/Not bad
c. Expressing
used, when you want to leave (farewells)
n Expressing
- Bye
-
Bye-bye
-
Good bye
-
Good night
- See
you later
- See
you tomorrow
- See
you night time
-
Have a good day
n Response
- Bye
-
Bye-bye
-
Good bye
-
Good night
- See
you
- See
you again
- See
you soon
-
Thank you
d. Asking for
Apology
- I’m sorry
-
Never mind
- I’m really sorry - That’s all right
- I’m sorry for... - Please don’t worry
- I apologize for... - It doesn’t matter
- Sorry (informal) - That’s okay(informal)
e. Expressing used when you are glad to see someone
n EXPRESSING
-
Nice to meet you
-
Glad to meet you
-
Please to meet you
n RESPONSE
-
Nice to meet you too
-
Glad to meet you too
-
Please to meet you too
f. How to
express gratitude
n Expressions
-
Thanks
-
Thank you
-
Thank you very much
-
Thank you a lot
n Responses
-
My pleasure
-
That’s all
right
-
You are
welcome
-
Don’t mention it
h. How to express Apology
Apology Response
- I’m sorry - Never mind
- I’m really sorry -
That’s all right
- I’m sorry for... - Please don’t worry
- I apologise for... - It doesn’t matter
- Sorry
(informal) - That’sokay(informal)
i. Fungsi Sosial
Mengidentifikasi ungkapan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta
maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
j. Struktur teks
-Memulai
-Menanggapai (diharapkan/diluar dugaan)
k. Unsur
Kebahasaan
- Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca dan tulisan tangan
2. Materi
Pembelajaran Pengayaan
Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta
menanggapinya, sesuai dengan situasi yang terdekatdengan siswa
3. Materi Pembelajaran Remedial
Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf, serta
menanggapinya, sesuai dengan situasi yang terdekatdengan siswa
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN
PERTAMA (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Salam dan tegur sapa
2. Cek kehadiran, berdoa,
menyiapkan buku pelajaran
3. Bertanya dan menjawab
tentang sapaan
4. Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang sapaan, secara sederhana
5. Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
6. Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Mengamati (Obseving)
a.
Mengamati video yang ditayangkan
b.
Mengikuti interaksi sapaan dan pamitan
2. Menanyakan (Quetioning)
a. Bertanya
tentang video yang di tonton
b. Bertanya
perbedaan antara berbagai ungkapan sapaan, pamitan dll
3. Mengumpulkan
informasi (collect information)
a. Mengumpulkan
informasi dari video yang di tonton
4. Menalar/mengasosiasi
(associate)
a. Membandingkan
ungkapan sapaan dan pamitan
b. Guru
memberikan penguatan dengan menjelaskan penggunaan ungkapan ungkapan tersebut
5.
Mengomunikasikan (networking)
a. Menggunakan
ungkapan ungkapan yang sudah dipelajari.
b. Melakukan
evaluasidiri dengan menulis kendala kendala dan hal hal yang telah dikuasai
dalam reflektif jurnal
|
60 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Menanyakan
manfaat pembelajaran yang baru diselesaikan
2.
Menanyakan
kesulitan dalam melakukan aktivitas pembelajaran
3.
Menyimpulkan
hasil pembelajaran
4.
Mengingatkan
tugas membuat dialog yang
harus dikerjakan setiap anggota kelompok
5.
Menyampaikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10 Menit
|
2.
PERTEMUAN
KEDUA (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Salam
dan tegur sapa
2. Cek
kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
3. Bertanya
dan menjawab tentang pamitan
4. Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang pamitan, secara sederhana
7. Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
8. Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Mengamati (Obseving)
a. Mengamati video yang ditayangkan
b. Mengikuti interaksi dan terima kasih
2. Menanyakan (Quetioning)
a. Bertanya tentang video yang di tonton
b. Bertanya perbedaan antara berbagai
ungkapan terima kasih dll
3. Mengumpulkan
informasi (collect information)
a. Mengumpulkan informasi dari video yang
di tonton
4. Menalar/mengasosiasi
(associate)
a.
Membandingkan ungkapan terima kasih
b.
Guru memberikan penguatan dengan menjelaskan penggunaan ungkapan ungkapan
tersebut
5.
Mengomunikasikan (networking)
a. Menggunakan ungkapan ungkapan yang
sudah dipelajari.
b. Melakukan evaluasidiri dengan menulis
kendala kendala dan hal hal yang telah dikuasai dalam reflektif jurnal
|
60 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Menanyakan manfaat
pembelajaran yang baru diselesaikan
2.Menanyakan kesulitan
dalam melakukan aktivitas pembelajaran
3. Menyimpulkan hasil
pembelajaran
4. Mengingatkan tugas membuat
dialog yang
harus dikerjakan setiap anggota kelompok
5.Menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10 Menit
|
3.
PERTEMUAN
KETIGA (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Salam
dan tegur sapa
2. Cek
kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
3. Bertanya
dan menjawab tentang pamitan
4. Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang pamitan, secara sederhana
9. Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
10. Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Mengamati (Obseving)
c.
Mengamati video yang ditayangkan
d.
Mengikuti interaksi dan meminta maaf
2. Menanyakan (Quetioning)
c. Bertanya
tentang video yang di tonton
d. Bertanya
perbedaan antara berbagai ungkapan meminta maaf dll
3. Mengumpulkan
informasi (collect information)
b. Mengumpulkan
informasi dari video yang di tonton
4. Menalar/mengasosiasi
(associate)
c. Membandingkan
ungkapan meminta maaf
d. Guru
memberikan penguatan dengan menjelaskan penggunaan ungkapan ungkapan tersebut
5. Mengomunikasikan (networking)
c. Menggunakan
ungkapan ungkapan yang sudah dipelajari.
d. Melakukan
evaluasidiri dengan menulis kendala kendala dan hal hal yang telah dikuasai
dalam reflektif jurnal
|
60 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Menanyakan manfaat
pembelajaran yang baru diselesaikan
2.Menanyakan kesulitan
dalam melakukan aktivitas pembelajaran
3. Menyimpulkan hasil
pembelajaran
4. Mengingatkan tugas membuat
dialog yang
harus dikerjakan setiap anggota kelompok
5.Menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10 Menit
|
4.
PERTEMUAN
KEEMPAT (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Salam
dan tegur sapa
2. Cek
kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
3. Bertanya
dan menjawab tentang pamitan
4. Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang salam, pamitan, terima kasih, dan minta maaf
secara
sederhana
5. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
6. Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
. Menalar/mengasosiasi
(associate)
a. Menyusun
dialogue engan menggunakan ungkapan salam, menanyakan keadaan, terima kasih,
minta maaf dan pamitan sederhana.
b. Guru
memberikan penguatan dengan menjelaskan penggunaan ungkapan ungkapan tersebut
|
60 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Menanyakan manfaat
pembelajaran yang baru diselesaikan
2.Menanyakan kesulitan
dalam melakukan aktivitas pembelajaran
3. Menyimpulkan hasil
pembelajaran
5.Menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10 Menit
|
5.
PERTEMUAN
KELIMA (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Salam
dan tegur sapa
2. Cek
kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
3. Bertanya
dan menjawab tentang pamitan
4. Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang salam, pamitan, terima kasih, dan minta maaf
secara
sederhana
5. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
6. Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
5.
Mengomunikasikan (networking)
a. Menampilkan dialog menggunakan ungkapan ungkapan yang sudah
dipelajari.
b. Melakukan
evaluasidiri dengan menulis kendala kendala dan hal hal yang telah dikuasai
dalam reflektif jurnal
|
60 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Menanyakan manfaat
pembelajaran yang baru diselesaikan
2.Menanyakan kesulitan
dalam melakukan aktivitas pembelajaran
3. Menyimpulkan hasil
pembelajaran
5.Menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10 Menit
|
6.
PERTEMUAN
KEENAM (2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Depkripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Salam
dan tegur sapa
2. Cek
kehadiran, berdoa, menyiapkan buku pelajaran
3. Bertanya
dan menjawab tentang pamitan
4. Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang salam, pamitan, terima kasih, dan minta maaf
secara
sederhana
5. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
6. Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
5.
Mengomunikasikan (networking)
c. Menampilkan dialog menggunakan ungkapan ungkapan yang sudah
dipelajari.
d. Melakukan
evaluasidiri dengan menulis kendala kendala dan hal hal yang telah dikuasai
dalam reflektif jurnal
|
60 Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Menanyakan manfaat
pembelajaran yang baru diselesaikan
2.Menanyakan kesulitan
dalam melakukan aktivitas pembelajaran
3. Menyimpulkan hasil
pembelajaran
5.Menyampaikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10 Menit
|
F. PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
1. Teknik
Penilaian
·
Sikap : Observasi
·
Pengetahuan : Penugasan
·
Keterampilan : Praktik dan Portofolio
2.
Instrumen penilaian
Kisi – Kisi
Soal
NO
|
INDIKATOR
|
SOAL
|
TEKNIK/ BENTUK
PENILAIAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. Rubrik
Penilaian dan Pedoman Penskoran
Rubrik
untuk penilaian Keterampilan (Praktik)
Performance Rubric:
Keterangan
Skor:
Skor
maksimal: 100 x 4 = 400
4
A. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
• Pembelajaran
remedial
Siswa yang belum mencapai
KKM diberi kegiatan remedial dengan menyusun teks interaksi
transaksional tentang
binatang
yang ada di sekitar rumahnya dari segi sifatnya
• Pembelajaran
pengayaan
Siswa yang memperoleh nilai
diatas KKM diberi pengayaan dengan menyusun teks interaksi
transaksional tentang
binatang
yang ada di kebun binatang yang pernah dikunjunginya dari segi sifatnya
H. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Video,
laptop, LCD
2.
Bahan :
Realia, gambar berbagai
3.
Sumber Belajar : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Bahasa
Inggris, When English Rings The Bell, SMP/ Mts Kelas VII. Hal 1-19.
Mengetahui Jakarta,
19 Juli 2016
Kepala SMP SMP Negeri 226 Jakarta Guru Mata Pelajaran
Suharnanto, MM Fitra
Hayati, S Pd.
NIP. 196302021989031006 NIP. 197012061997032002
ULANGAN HARIAN PERTAMA
KD :
3.1
KELAS :
VII
Choose a, b, c or d as your best answer!
1. A: ….
B: Good morning
a. morning
b. Good morning
c. Good evening
d. Evening
2. Prabu: Hello, Ratu, How are you?
Ratu : Hello, Prabu, ….
Prabu : Nice to meet you.
Ratu : Nice to meet you, too.
a. Fine, thanks
b. How are you?
c. How do you do?
d. It’s great to meet you
3. Iwan : How are you, Novi?
Novi : … , thank you.
a. How are you
b.Nice to meet you
c. Please to meet you
d. I’am very well
4. Opik : How are you, Ryan?
Ryan :Not too bad, thank you
The underlined words means …
a. asking about health
b. talking about weather
c. telling about others
d. introduction
5. The following is what you say to
someone when you meet him or her at
night.
a. good night
b. Good evening
c. Good day
d. Good afternon
6. All of the leaving –taking
Expressions are correct, except
a. I think I must be going now
b. I am afraid. It’s time for me to
leave
c. We have a wonderful time
d. I am sorry, I have to leave now
7. See you tomorrow,
class
The underlined utterance
expresses …
a. greeting
b. apologizing
c. congratulating
d. leaving taking
8.Before Susan goes to bed,
she says
to her parents:
a. Thank you
b. Good night
c. Good bye
d. So long
9. Nazwa is at the railway
station to
see Shihab off to study in
Singapore.
Nazwa : Well, I’ am afraid
it’s time to
say good bye. Have a nice
journey
Shihab! Don’t forget to
write me letters
Shihab : I won’t. … Nazwa
a. Well done dear
b. congratulation
c. see you tomorrow
d. good bye
10. It’s 9 p.m. Nency is
going to bed,
she says to her member of the
family
a. Bye
b. Good bye
c. Good night
d. Good evening
11. A: ‘’Thank you mom’’
B : …
a. I am sorry
b .I am fine
c .You are welcome
d .You are good
12. Guest:“thank you for a
lovely time”
Host:”_________”
a . Welcome
b . Thank you for coming
c . I’m glad
d. No, thanks
13. You gave present to your friend
And she/he thanked you .what did you
Say to respond
a. I’m glad I could help you
b. I’m glad you like it
c .You are welcome
d . You are very nice
14. Prabu: Kadita ,this is a present for
you. I hope you like it
Kadita:oh this is wonderful._____
a. Thank you very much
b. You are so kind to me
c. I like it very much
d. May I have it
15.A: happy birthday, Gini. Here’s a
present for you
B :_______
a. Oh, thank you
b. How kind of
c. Oh yes!
d. Is this for me?
16.One day you’re celebrating your
birthday party .Your friends gave you
many present what did you say to
them
it’s very kind of you to give
present
a. Thank you very much
b. I’m much obliged to you for your present
c.
It’s a pleasure
d. That’s alright
17. Reza :____ for lending me books
Artamevia: You are welcome
a. That’s good idea
b. No, I’d be glad
c. Thank you very much
d. I’m
afraid I can’t
18. Nunik: Would you add your soup?
Fini : Enough ____
a.
Thank you for the dinner
b.
I am glad with delicious food
c.
I am pleased you like it
d . Shall I say thank you?
19. X : Thank you very much for your
help
Y : ____
a. No I didn’t
b. Don’t mention it
c . It won’t be my pleasure
d. Never mind
20. Anita :Thank for your help
Teddy:_____
a. The same to you
b. You must say it again
c . That’s what I want to hear from you
d. My pleasure
21.
Mother: Have you cleaned the floor Nurhayati ?
Nurhayati:___ mom I forgot to do it
a. Thank
you
b . Don’t worry
c. I’m very
sorry
d. It doesn’t matter
22. Soeharto : Good morning mr.Vahid,…
Teacher: morning you are late again
Soeharto : Yes, sir
Teacher :
Alright but next time don’t be a late any more
a. I am sorry
b. I am
afraid
c . I am sad
d.
I am sure
23. Prabu : Excuse me , mrs. Nina, time is
up
Mrs.Nina : Oh___ I didn’t hear the bell
you may leave the room and have a
break now
a.
I am sorry
b.
I know
c . You apologize
d.
Don’t say that again
24. Aji: ___ Ruri I couldn’t come to
your house yesterday
Ruri: Never mind but call me if you
can’t come next time
a.
I do apologize
b . You are a lucky man
c.
You’re very sorry
d.
I’ m glad to see you
25. While you’re chatting with some
friends you suddenly sneeze after that
you say to your friend
a. Excuse me
b. Pardon me
c . I didn’t mean it
d.
It was an accident
26. Ratu: Prabu I’ m terribly sorry I
forgot to bring your notebook
Prabu :____ I don’t need it until the
day after tomorrow”
a. Oh really
b. Never mind
c. What a pity
d. Not too ba
27. Bowo spilled some ink on the
Table. Mother see what you have done
Bowo ___ I don’t need it until the day
after tomorrow
a. Oh really ?
b. Never mind
c. I don’t know
d. Certainly
28.
Clerk: Excuse me sir, this is non
smoking
area
Guest: Oh___ I don’t see the sign
a. How sorry
b. It’s a pity
c. I am sorry
d. I accept
29. Fajar: Why are you sneezing?
Sita: I’m allergic to smoke
Fajar: Oh for causing you such in
inconvenience
a. Would you mind
b. May I be excused
c. Please excuse me
d.
I do apologize
30. Policeman: your truck much
pollution
Driver : Oh___ officer
Policeman: Please consult a machine
Driver:
Yes I will
a. Why not
b. I am sorry
c. How come
d. Don’t mention it
LEMBAR KERJA SISWA
Write a dialogue based on this situation!
In the morning you meet your friend in your elementary
school, and she give you a candy, but you don’t like it.
Write your own situation and write a short dialogue!3.1.1
|
Disajikan dialog singkat siswa
dapat menentukan funsi sosial teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan meminta
maaf
|
1. A: ….
B: Good morning
a. morning
b. Good morning
c. Good evening
d. Evening
2. Prabu: Hello, Ratu, How do you do?
Ratu : Hello, Prabu, ….
Prabu : Nice to meet you.
Ratu : Nice to meet you, too.
a. Fine, thanks
b. How are you?
c. How do you do?
d. It’s great to meet you.
3. Iwan : How are you, Novi?
Novi : … , thank you.
a. How are you
b.Nice to meet you
c. Pelase to meet you
d. I’am very well
4. Opik : How are you, Ryan?
Ryan Not too bad, thank you
The underlined words means …
a. asking about health
b. talking about weather
c. telling about others
d. introduction
5. The following is what you say to
someone when you meet him or her at
night.
a. good night
b. Good evening
c. Good day
d. Good afternoon
6. All of the leaving –taking
Expression are correct, except
a. I think I must be going now
b. I am afraid. It’s time for me to
leave
c. We have a wonderful time
d. I am sorry, I have to leave now
7. See you tomorrow,
class
The underlined utterance
expresses …
a. greeting
b. apologizing
c. congratulating
d. leaving taking
8.Before Susan goes to
bed, she says
to his parents:
a. Thank you
b. Good night
c. Good bye
d. So long
9. Nazwa is at the realway
station to
see Shihab off
to study in Singapore.
Nazwa : Well, I’am afraid
it’s time to
say good bye. Have a nice
journey
Shihab! Don’t forget to
write mletters
Shihab : I won’t. … Nazwa
a. Well done dear
b. congratulation
c. see you tomeorrow
good bye
10. It’s 9 p.m Nency is
going to bed,
she says to her member of
the family
a. Bye
b. Good bye
c. Good ningt
d. Good evening
11. A: ‘’Thank you mom’’
B : …
a. I am sorry
b .I am fine
c .You are welcome
d .You are good
12. Guest:“thank you for a
lovely time”
Host:”_________”
a . Welcome
b . Thank you for coming
c . I’m glade
d. No, thanks
13. You gave present to
your friend
And she/he thanked you
.what did you
Say to respond
a. I’m glade I could help
you
b. I’m glade you like it
c .You are welcome
d . You are very nice
14. Prabu: Kadita ,this is
a present for
you. I hope you like it
Kadita:oh this is wonderful._____
a. Thank you very much
b. You are so kind to me
c. I like it very much
d. May I have it
15.A: happy birthday, Gini.
Here’s a
present for you
B :_______
a. Oh, thank you
b. How kind of
c. Oh yes!
d. Is this for me?
16.One day you’re
celebrating your
birthday party .Your
friends gave you
many present what did you say
to
thema it’s very kind of you to give
present
a. Thank you very much
b. I’m much obliged to you for your
present
c. It’s a pleasure
d. That’s alright
17. Reza :____ for lending
me books
Artamevia: you are welcome
a. That’s good idea
b. No, I’d be glade
c. Thank you very much
d. I’m afraid I can’t
18. Nunik: Would you add
your soup?
Fini : Enough ____
a. Thank you for the dinner
b. I am glade with delicious food
c. I am pleased you like it
d . Shall I say thank you?
19. X : Thank you very
much for your
help
Y : ____
a. No I didn’t
b. Don’t mention
c . It will be my pleasure
d. Never mind
20. Anita :Thank for your
help
Teddy:_____
a. The same to you
b. You must say it again
c . That’s what I want to
hear from
you
d. You know I am helpful
21. Mother: Have you cleaned the floor Nurhayati
?
Nurhayati:___ mom I forgot
to do it
a. Thank
you
b . Don’t worry
c. I m very
sorry
d. It doesn’t matter
22. Soeharto : Good morning mr.Vahid
Teacher: morning you are late again
Soeharto : Yes, sir
Teacher : Alright
but next time don’t be a late any more
a. I am sorry
b. I am
afraid
c . I am sad
d. I am sure
23. Prabu : Excuse me ,mrs
Nina, time
is up
Mrs.nina : Oh___ I didn’t
hear the bell
you may leave the room and
have a
break now
a. I am sorry
b. I know
c . You apologize
d. Don’t say that again
24. Aji: ___ Ruri I
couldn’t come to
your house yesterday
Ruri: Never mind but call
me if you
can’t come next time
a. I do apologize
b . You are a lucky man
c. You re very sorry
d. I’ m glade to see you
25. While you re chatting
with some
friends you suddenly
sneeze after that
you say to your friend
a. Excuse me
b. Pardon me
c . I didn’t mean it
d. It was an accident
26. Ratu: Prabu I’ m
terribly sorry I
forgot to bring your
notebook
Prabu :____ I don’t need
it until the
day after tomorrow”
a. Oh really
b. Never mind
c. What a pity
d. No too bad
27. Bowo spilled some ink
on the
Table. Mother see what you
have done
Bowo ___ I don’t need it
until the day
after tomorrow
a. Oh really ?
b.Never mind
c. I don’t know
d. Certainly
28. Clerk:
Excuse me sir this is non
smoking area
Guest: Oh___ I don’t see
the sing
a. How sorry
b. It’s a pity
c. I am sorry
d. I accept
29. Fajar: Why are you
sneezing?
Sita: I m allergic to
smoke
Fajar: Oh for causing you
such in
inconvenience
a. Would you mind
b. May I be excused
c. Please excuse me
d. I do apologize
30. Policeman: your truck
much
pollution
Driver : Oh___ officer
Policeman: Please consult
a machine
Drive: Yes I will
a. Why not
b. I am sorry
c. How come
d. Don’t mention it .
|
Tes tertulis / essai
|
terima kasih, keren banget
BalasHapus